Jalan Pahlawan No. 1 Timbau Tenggarong Telp. (0541) 661350 Fax. (0541) 664507 diskominfo@kukarkab.go.id
logo
BERANDA
  • SELAYANG PANDANG
    Sejarah Kukar Kependudukan Potensi Daerah Prestasi dan Penghargaan
  • MEDIA
    Video Dokumen Infografis E-Magazine
  • PEMERINTAHAN
    Tugas dan Fungsi Struktur Organisasi Visi Misi Kukar Strategi Daerah Program Strategis Bupati Kukar Sepanjang Masa Transparansi Keuangan
  • BERITA PPID

    Berita.

    Berita Pemkab Kukar dan Ombudsman RI Perwakilan Kaltim Bersinergi Tingkatkan Pengawasan Pelayanan Publik
    Kembali
    05 Agt 2025

    Pemkab Kukar dan Ombudsman RI Perwakilan Kaltim Bersinergi Tingkatkan Pengawasan Pelayanan Publik

    Diskominfo

    Penulis : Rizka Laeliana (Tenaga Ahli Peliputan)

    Photografer : Muhammad Firza Akbar (Tenaga Ahli Peliputan)

    Editor : Zainul Effendi Joesoef (Pranata Humas Ahli Muda)


    Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) beraudiensi dengan Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur pada Selasa, 5 Agustus 2025. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati Kukar ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi sekaligus menjalin koordinasi untuk penguatan kerja sama pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara.

    Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Timur Mulyadin menekankan pentingnya membangun jaringan kerja sama yang solid untuk memperkuat pengawasan dan mencegah praktik maladministrasi dalam layanan publik. "Kami berharap dapat saling berbagi informasi dan data, terutama menyangkut laporan masyarakat yang masuk ke Ombudsman. Jika laporan ini bisa segera ditindaklanjuti bersama, tentu pelayanan publik akan semakin baik. Komunikasi yang intensif menjadi kunci utama dalam pencegahan maladministrasi," ujarnya. 


    Baca Juga : Audiensi Bawaslu dengan Bupati Kukar Aulia Rahman Basri, Bahas Sinergi Pengawasan Pilkada

    Disampaikan bahwa sinergi antara Ombudsman dan Pemkab Kukar dapat diwujudkan dalam bentuk edukasi dan sosialisasi kepada aparatur pelayanan publik. Menurutnya hal ini sejalan dengan orientasi Pemkab Kukar yang berfokus pada peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat. Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kaltim mengapresiasi berbagai program pelayanan publik yang telah dijalankan oleh Pemkab Kukar yang dinilai berhasil menarik kepercayaan publik.

    “Kami melihat, jika koordinasi ini diperkuat, maka laporan masyarakat yang masuk bisa lebih cepat ditindaklanjuti. Ini penting agar tidak ada penyimpangan di lapisan bawah. Ombudsman RI menilai pelayanan publik Kukar selama 2 hingga 3 tahun terakhir berada di zona hijau, dan capaian ini harus dijaga,” jelasnya. 

    Menanggapi hal tersebut Bupati Kukar Aulia Rahman Basri menyampaikan bahwa Ombudsman merupakan mitra penting Pemerintah Daerah dalam memperbaiki dan mengevaluasi kualitas pelayanan publik. “Kami tidak bisa berjalan sendiri. Pemerintah perlu didukung dan diawasi, dan kami butuh cermin untuk menilai sejauh mana kami menjalankan tugas. Ombudsman adalah cermin itu,” ucapnya.


    Baca Juga : Bupati Kukar Aulia Rahman Basri Tekankan Peningkatan Kinerja dan Disiplin ASN

    Meski baru aktif menjabat sejak Juli 2025, Bupati Kukar Aulia menyampaikan beberapa program prioritas yang telah dijalankan. Di antaranya adalah pendidikan gratis untuk siswa SD dan SMP lengkap dengan perlengkapan sekolah, serta layanan kesehatan gratis yang cukup menggunakan KTP dengan pembiayaan melalui program Jaminan Kesehatan Daerah.

    Bupati Kukar Aulia menyampaikan rencana untuk meningkatkan kualitas Mall Pelayanan Publik (MPP) dengan melakukan relokasi agar tampil lebih modern dan nyaman, menyerupai pusat perbelanjaan. “Kami ingin pelayanan publik bisa diakses dengan mudah dan menyenangkan. Semoga kerja sama dengan Ombudsman RI ini dapat memperkuat semangat pelayanan yang terbuka dan inklusif semua pihak,” tutupnya.


    #pelayananpublik #ombudsmanri #ombudsmanperwakilankaltim #pemkabkukar #sinergipemerintah #mppkukar #kerjasamaantarlembaga #bupatikukar #edukasipelayanan #malpelayananpublik



    Bagikan ke Facebook Tweet Bagikan ke Google+ Bagikan ke Pinterest Bagikan ke Tumblr Kirim melalui Email
    Berita Kabupaten

    12 Sep 2025
    Bupati Kukar Hadiri Proses Penilaian Adiwiyata di SMPN 2 Tenggarong
    12 Sep 2025
    Wagub Kaltim dan Bupati Kukar Panen Demplot Padi LEISA di Bukit Biru Tenggarong
    12 Sep 2025
    Diskominfo Kukar Kenalkan Pengelolaan Smart Pole dan Command Center kepada Siswa PKL
    11 Sep 2025
    Pemkab Kukar Peringati Maulid Nabi, Bupati Aulia Rahman Basri Tekankan Pentingnya Uswatun Hasanah
    11 Sep 2025
    Gubernur Kaltim Harum: ”APBD Alat Untuk Memenuhi Kebutuhan Nyata Masyarakat”
    11 Sep 2025
    Tim Penilai Penghargaan Adipura Kunjungi Kantor Diskominfo Kukar
    11 Sep 2025
    Komisi Informasi Kaltim Lakukan Visitasi Monev KIP ke PDAM Tirta Mahakam dan RSUD A. M. Parikesit
    11 Sep 2025
    Bupati Kukar Terbitkan Surat Edaran Pelaksanaan Festival Budaya Erau Adat Kutai 2025

    Terhubung

    Email:
    diskominfo@mail.kukarkab.go.id

    Alamat:
    Jalan Pahlawan No.1 Timbau Tenggarong


    Telp. (+62) 541 661350

    Fax. (+62) 541 664507


    Link Terkait

    Bapenda
    Bappeda
    Dinas Kearsipan dan
    Disdikbud
    Diskominfo
    DPMPTSP
    Sekretariat Daerah

    © 2021 Kabupaten Kutai Kartanegara All Rights Reserved - Developed by Diskominfo Kukar