Jalan Pahlawan No. 1 Timbau Tenggarong Telp. (0541) 661350 Fax. (0541) 664507 diskominfo@kukarkab.go.id
logo
BERANDA
  • SELAYANG PANDANG
    Sejarah Kukar Kependudukan Potensi Daerah Prestasi dan Penghargaan
  • MEDIA
    Video Dokumen Infografis E-Magazine
  • PEMERINTAHAN
    Tugas dan Fungsi Struktur Organisasi Visi Misi Kukar Strategi Daerah Program Strategis Bupati Kukar Sepanjang Masa Transparansi Keuangan
  • BERITA PPID

    Berita.

    Berita Diskominfo Kukar Ikuti Training of Trainer Call Center 112 di Medan
    Kembali
    09 Agt 2024

    Diskominfo Kukar Ikuti Training of Trainer Call Center 112 di Medan

    Diskominfo

    Penulis: M. Agri Winata (Analis Sistem Informasi)

    Editor: Zainul Effendi Joesoef (Pranata Humas Ahli Muda)

    Sebanyak 37 perwakilan Kabupaten/Kota di Indonesia, termasuk dari Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), ikut ambil bagian dalam kegiatan Training of Trainer (ToT) Call Center 112. Kegiatan tersebut diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia di Medan, pada tanggal 7 hingga 8 Agustus 2024.


    Pada kegiatan yang berlangsung selama 2 hari di Hotel Grand Central Premier ini, Pemkab Kukar yang diwakili Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengirimkan 2 orang peserta yakni Pranata Humas Ahli Muda Hartono Kusbandi dan operator Kukar Siaga 112, Muhammad Zulfikar Aulia Nugraha.


    Pelatihan dengan tema Meningkatkan Kualitas Layanan Panggilan Darurat (Call Center) 112 ini dibuka PIC Layanan Panggilan Darurat 112 Direktorat Pengembangan Pitalebar Kominfo RI Agung Setio Utomo pada hari Rabu, 7 Agustus 2024.


    Agung Setio Utomo menekankan pentingnya peningkatan SDM bagi Call Taker 112 untuk terwujudnya komunikasi kepada masyarakat secara profesional. Ditambahkan Agung, Presiden telah menyetujui penyusunan Rancangan Perpres Sistem Komunikasi Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Siskomnas PMPB) yang membahas pengaturan nomor layanan darurat 112.

    "Di Indonesia saat ini, layanan nomor darurat seperti 110, 113, 115, 117, 119, dan nomor lainnya diselenggarakan oleh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah. Namun dengan adanya Perpres Siskomnas PMPB, layanan ini akan diintegrasikan ke dalam sistem layanan 112 secara bertahap," terangnya.

    Tampil sebagai pemateri pada hari pertama adalah Indra Siswoyo dan Agus Joko Sudiarto dari Direktorat Pengembangan Pitalebar Kominfo RI, serta dr. Sukarta, MH.Kes yang memaparkan materi tentang Penanggulangan Penderita Gawat Darurat (PPGD) bagi Call Taker 112 maupun di luar Call Taker.



    Pada hari ke-2 pelatihan diisi oleh Lusila dari 168 Solution dengan materi Tata Cara Pengelolaan Call Center 112. Dalam paparannya dijelaskan tentang tata cara pengelolaan dalam ruang lingkup 112 dalam melayani keadaan darurat, manfaat, dan peran Call Center 112. 

    Keterampilan yang diajarkan kepada peserta ToT SDM Call Center 112 oleh Tim 168 Solution meliputi multitasking, keterampilan komunikasi lisan dan tulisan, keterampilan mendengarkan, keterampilan menganalisis permasalahan dan penanganan kegawatdaruratan, serta kemampuan mengambil keputusan dengan cepat. 

    Selain itu juga diajarkan tentang tugas supervisor yakni melakukan monitoring dispatcher, membantu Call Taker jika ada kendala dalam mengangkat telepon masyarakat, serta membantu mencari solusi untuk Call Taker terhadap panggilan masyarakat.



    Bagikan ke Facebook Tweet Bagikan ke Google+ Bagikan ke Pinterest Bagikan ke Tumblr Kirim melalui Email
    Berita Kabupaten

    29 Sep 2025
    Pangeran Noto Negoro Muhammad Heriansyah: "Erau adalah Warisan Adat Lawas yang Harus Dilestarikan"
    29 Sep 2025
    Erau Adat Kutai 2025 berlangsung Khidmat dan Meriah, Belimbur Tandai Erau Berakhir
    26 Sep 2025
    Titah Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI Tentang Tata Krama Ritual Belimbur
    25 Sep 2025
    Puskesmas Loa Ipuh Gencarkan Edukasi Pencegahan dan Penanganan Hipertensi di Posyandu
    25 Sep 2025
    Call Center 112 dan Keamanan Data Pribadi Dibahas dalam Rapat Rancangan Perbup RAD SPM Kukar 2025-2030
    25 Sep 2025
    Diskominfo Kukar Ikut Meriahkan Tradisi Beseprah pada Erau Adat Kutai 2025
    24 Sep 2025
    Lomba Olahraga Tradisional Meriahkan Festival Erau Adat Kutai Tahun 2025 di Tenggarong
    24 Sep 2025
    Asisten III Setdakab Kukar Buka Lomba Balap Ketinting Festival Erau 2025

    Terhubung

    Email:
    diskominfo@mail.kukarkab.go.id

    Alamat:
    Jalan Pahlawan No.1 Timbau Tenggarong


    Telp. (+62) 541 661350

    Fax. (+62) 541 664507


    Link Terkait

    Bapenda
    Bappeda
    Dinas Kearsipan dan
    Disdikbud
    Diskominfo
    DPMPTSP
    Sekretariat Daerah

    © 2021 Kabupaten Kutai Kartanegara All Rights Reserved - Developed by Diskominfo Kukar