Jalan Pahlawan No. 1 Timbau Tenggarong Telp. (0541) 661350 Fax. (0541) 664507 diskominfo@kukarkab.go.id
logo
BERANDA
  • SELAYANG PANDANG
    Sejarah Kukar Kependudukan Potensi Daerah Prestasi dan Penghargaan
  • MEDIA
    Video Dokumen Infografis E-Magazine
  • PEMERINTAHAN
    Tugas dan Fungsi Struktur Organisasi Visi Misi Kukar Strategi Daerah Program Strategis Bupati Kukar Sepanjang Masa Transparansi Keuangan
  • BERITA PPID

    Berita.

    Berita Bimtek Layanan Siaga 112 Kabupaten Kutai Kartanegara
    Kembali
    06 Feb 2024

    Bimtek Layanan Siaga 112 Kabupaten Kutai Kartanegara

    Diskominfo

    Dalam rangka percepatan implementasi call center 112 di Kabupaten Kutai Kartanegara, Dinas Komunikasi dan Informatika kembali gelar bimtek layanan siaga 112 Kabupaten Kutai Kartanegara namun kali ini dilaksanakan secara daring pada hari Selasa, 6 Februari 2024.

     

    Acara dibuka oleh Kabid Pengelolaan Layanan Informasi Publik, Surya Admaja, dan diikuti peserta Bimtek sekitar 60 (Enam Puluh Dua) orang. Peserta yang hadir berasal dari Dinas Kesehatan, Badan Penanggulanagn Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran (PMK), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta peserta dari rentang kendali Dinas/Badan teknis terkait sampai ke Kecamatan, dalam sambutannya Kabid PLIP berharap agar seluruh peserta dapat menyimak materi yangdisampaikan oleh PT Jasnita Telekomindo, di jelaskan juga bahwa layanan siaga 112 ini dapat mensinergikan dan mengintegrasikan terhadap layanan serupa yang telah ada.

    Sumber : Screenshot

    Rusdan selaku pemateri dari PT Jasnita Telekomindo menerangkan bahwa Layanan 112 merupakan bagian dari implementasi Smart City, khususnya pada pilar Smart Governance dan Smart Living, Kami sebagai bagian dari inisiatif smart City Indonesia, mendukung pemerintah dalam mengoperasikan 112 hotline darurat nasional. Kami bekerja sama dengan banyak kabupaten kota untuk memberikan solusi yang terbaik, pungkasnya.

    Dijelaskan pula bahwa payung hukum kami dalam melaksanakan layanan siaga 112 yaitu Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 10 Thaun 2016 tentang Layanan Nomor Panggilan Darurat 112.

     

    Sementara itu dijelaskan manfaat bagi masyarakat dengan hadirnya layanan panggilan darurat 112 ini meliputi  :

    ·         Masyarakat mudah melaporkan kejadian darurat di sekitarnya 1 x 24 Jam

    ·         Pemerintah daerah hadir saat masyarakat menghadapi kejadian darurat.

    ·         Tingkat kepuasan dan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah daerah semakin meningkat.

    ·         Mempercepat informasi - koordinasi antar lintas OPD dan instansi vertikal lainnya.

    ·         Mendukung tupoksi OPD kedaruratan di daerah sesuai SOP yang dibuat.

    ·         Menjadi hotline kedaruratan pemerintah daerah terpusat dan menjadi data center informasi untuk pimpinan daerah dalam mengambil kebijakan


    Rusdan menerangkan bahwa layanan siaga 112 dapat mensinergikan dan mengintegrasikan nomor kedaruratan yang ada, seperti mengintegrasikan nomor 110 Kepolisian, 112 Damkar, 115 Basarnas, 119 PSC, 118 Ambulance dan 123 PLN, sehingga nomor panggilan darurat 112 menjadi mudah diingat, keadaan cepat teratasi dan memilki dampak yang semakin besar.

    Di akhir sesi Bimtek simulasi kedaruratan dilakukan agar peserta bimtek dapat memahami dan menindaklanjuti aplikasi layanan kedaruratan.

    ..............................

    (hartono -prahum ahli muda)




    Bagikan ke Facebook Tweet Bagikan ke Google+ Bagikan ke Pinterest Bagikan ke Tumblr Kirim melalui Email
    Berita Kabupaten

    29 Sep 2025
    Optimalkan Implementasi Aplikasi Srikandi, Diskominfo Kukar Laksanakan Pendampingan Admin SRIKANDI Perangkat Desa Segihan
    29 Sep 2025
    Bupati Aulia Rahman Basri dalam Rapat Paripurna DPRD Kukar: “Tenggarong Barometer Pembangunan di Kutai Kartanegara”
    29 Sep 2025
    Wakil Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid: “Menjaga Kearifan Lokal adalah Menjaga Marwah Peradaban Nusantara”
    29 Sep 2025
    Pangeran Noto Negoro Muhammad Heriansyah: "Erau adalah Warisan Adat Lawas yang Harus Dilestarikan"
    29 Sep 2025
    Erau Adat Kutai 2025 berlangsung Khidmat dan Meriah, Belimbur Tandai Erau Berakhir
    26 Sep 2025
    Titah Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI Tentang Tata Krama Ritual Belimbur
    25 Sep 2025
    Puskesmas Loa Ipuh Gencarkan Edukasi Pencegahan dan Penanganan Hipertensi di Posyandu
    25 Sep 2025
    Call Center 112 dan Keamanan Data Pribadi Dibahas dalam Rapat Rancangan Perbup RAD SPM Kukar 2025-2030

    Terhubung

    Email:
    diskominfo@mail.kukarkab.go.id

    Alamat:
    Jalan Pahlawan No.1 Timbau Tenggarong


    Telp. (+62) 541 661350

    Fax. (+62) 541 664507


    Link Terkait

    Bapenda
    Bappeda
    Dinas Kearsipan dan
    Disdikbud
    Diskominfo
    DPMPTSP
    Sekretariat Daerah

    © 2021 Kabupaten Kutai Kartanegara All Rights Reserved - Developed by Diskominfo Kukar