Jalan Pahlawan No. 1 Timbau Tenggarong Telp. (0541) 661350 Fax. (0541) 664507 diskominfo@kukarkab.go.id
logo
BERANDA
  • SELAYANG PANDANG
    Sejarah Kukar Kependudukan Potensi Daerah Prestasi dan Penghargaan
  • MEDIA
    Video Dokumen Infografis E-Magazine
  • PEMERINTAHAN
    Tugas dan Fungsi Struktur Organisasi Visi Misi Kukar Strategi Daerah Program Strategis Bupati Kukar Sepanjang Masa Transparansi Keuangan
  • BERITA PPID

    Berita.

    Berita Mall Pelayanan Publik Kukar Siapkan Layanan Digital dan Drive Thru
    Kembali
    28 Apr 2023

    Mall Pelayanan Publik Kukar Siapkan Layanan Digital dan Drive Thru

    Diskominfo
    Mall Pelayanan Publik (MPP) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kutai Kartanegara telah resmi beroperasi pada bulan Februari 2023, dengan secara bertahap menyediakan 430 layanan publik dari 28 entitas layanan publik yang sekarang berada di MPP.

    Kepala DPMPTSP Kukar, Bambang Arwanto, mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu lagi keliling dari satu instansi ke instansi lainnya. Layanan pengurusan, Samsat, Kejaksaan Negeri Kukar, Polres Kukar, pendidikan, perbankan dan layanan usaha terdapat di satu gedung dan lokasi. Bahkan untuk pengurusan pajak dan imigrasi, masyarakat Kukar tak perlu lagi ke Samarinda seperti selama ini.

    Jumlah kunjungan ke MPP terus meningkat tiap harinya, dimana awalnya hanya berkisar 25-50 orang. Namun, pada bulan April 2023, jumlah kunjungan  meningkat 100-300 orang per hari, untuk semua jenis layanan. Dari jumlah itu mayoritas pengunjung melakukan pengurusan pajak, imigrasi, Samsat, dan Disdukcapil,” kata Bambang.

    Baca juga : - https://kukarkab.go.id/v2/berita/1104/Rendi-Solihin-Tegaskan-Dinas-PU-Harus-Perbaiki-Secara-Permanen-Jembatan-Sambera

    Bambang menyebut bahwa peningkatan jumlah kunjungan terjadi karena MPP telah memudahkan akses layanan publik, sehingga masyarakat menyambut baik keberadaannya. Ditandai dengan Indeks Kepuasan Publik mencapai 93,11 persen, dengan 8 variabel pelayanan yang mendapatkan kategori A+.

    Baca juga : - https://kukarkab.go.id/v2/berita/1103/Bupati-Kukar:-%E2%80%9DPolitik-Praktis-Jangan-Dibawa-ke-Masjid%E2%80%9D

    Oleh karena itu, Bambang memastikan bahwa dalam waktu dekat, MPP akan menambah fasilitas kemudahan pelayanan ke masyarakat. MPP akan menyiapkan layanan berbasis digital dan layanan Drive Thru secara bertahap. Layanan kesehatan akan diutamakan dalam digitalisasi layanan, sehingga pelayanan akan menjadi lebih mudah dan cepat, dan masyarakat tidak perlu menunggu lama-lama di MPP.

    “Kita akan mencoba teknologi metaverse, di mana semua tenaga kesehatan tidak perlu datang, namun layanan dapat diselesaikan,” tambah Bambang.

    MPP juga akan menyiapkan layanan Drive Thru, yang secara bertahap akan dikembangkan dan disiapkan. Sehingga produk layanan yang disiapkan dapat diambil dan dicetak sendiri oleh masyarakat.

    Namun, Bambang menganggap bahwa sosialisasi ke masyarakat masih menjadi tantangan, dan akan meminta seluruh camat di Kukar untuk melakukan sosialisasi tentang keberadaan MPP yang telah menyiapkan layanan publik secara penuh. Sehingga nantinya masyarakat yang berada di wilayah terpencil dapat mengurus berbagai kebutuhan dokumen dalam satu tempat tanpa harus melakukan perjalanan jauh ke tiap OPD.

    “Ini akan kita lakukan bertahap, karena masih banyak warga di kecamatan yang belum mengetahui keberadaan MPP,” tutup Bambang.

    Masmun Jaya : Pranata Humas Diskominfo Kukar


    Bagikan ke Facebook Tweet Bagikan ke Google+ Bagikan ke Pinterest Bagikan ke Tumblr Kirim melalui Email
    Berita Kabupaten

    31 Okt 2025
    Kecamatan Tenggarong Raih Juara Umum MTQ ke-46 Kukar 2025
    31 Okt 2025
    Prodi Ilkom UNMUL Samarinda Bahas Kebhinnekaan Indonesia
    30 Okt 2025
    Balai Sidang Pengadilan Agama Kembali buka di Kecamatan Muara Jawa dan Kecamatan Kota Bangun
    29 Okt 2025
    Diskominfo Kukar-UNMUL Samarinda Lanjutkan Pembahasan Penyusunan Strategi Komunikasi Publik

    25 Okt 2025
    Terpilih Jadi Ketua R.T. 4 Kelurahan Timbau, Supriyono Tegaskan Komitmen untuk Perkuat Data dan Kolaborasi Warga
    24 Okt 2025
    Tingkatkan Efektivitas Layanan Mandiri, Tim IT Puskesmas Loa Ipuh Studi Tiru ke Puskesmas Loa Duri
    23 Okt 2025
    Diskominfo Kukar Gelar Rapat Monitoring Statistik Sektoral 2025
    23 Okt 2025
    Wujudkan Desa Digital, Pemdes Muara Badak Ulu Desain dan Sosialisasikan Website Publik Desa

    Terhubung

    Email:
    diskominfo@mail.kukarkab.go.id

    Alamat:
    Jalan Pahlawan No.1 Timbau Tenggarong


    Telp. (+62) 541 661350

    Fax. (+62) 541 664507


    Link Terkait

    Bapenda
    Bappeda
    Dinas Kearsipan dan
    Disdikbud
    Diskominfo
    DPMPTSP
    Sekretariat Daerah

    © 2021 Kabupaten Kutai Kartanegara All Rights Reserved - Developed by Diskominfo Kukar