Emilia Bassar mengatakan terdapat beberapa model analisis dalam menentukan strategi komunikasi. Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Kerja Pranata Humas se-Kalimantan Timur Tahun 2023 yang digelar di Hotel Jatra Kota Balikpapan pada Selasa, 11 April 2023. Raker tersebut dibuka oleh Kadis Kominfo Kukar Muhammad Faisal dan dihadiri oleh para pejabat struktural dan fungsional serta pranata Humas se-Kaltim.
Narasumber dari praktisi public relations Emilia Bassar menyampaikan banyak kehidupan manusia yang berubah di masa digital saat ini. “Berbagai aspek kehidupan berubah, banyak aktifitas sehari-hari dan pekerjaan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk dunia kehumasan “ ujarnya.
Baca juga : - https://kukarkab.go.id/v2/berita/1073/Wabup-Rendi-Solihin-Bagikan-Bingkisan-Lebaran-Pemkab-Kukar-di-Muara-Muntai-Ilir
Emilia Bassar menyampaikan tentang beberapa tipe analisis seperti sword analysis, PESO, PESTLE yang lazim di dalam praktek public relations. Dijelaskannya bahwa analisis media dengan metode paid media, earned media, shared media, dan dan owned media serta kombinasinya memungkinkan bagi pengguna untuk mendapatkan hasil analisis dan selanjutnya dapat dijadikan dasar dalam merumuskan strategi komunikasi.
“PESO model salah satu tools yang dapat membantu kehumasan dalam menyusun kerangka kerja strategis. Hal ini memudahkan dalam memutuskan pilihan media yang menjadi prioritas, bagaimana merencanakannya, mengeksekusi, sehingga mengukur efektifitas strategi yang disusun,” jelasnya. Dijelaskannya bahwa model PESO memungkinkan komunikator dapat mengombinasikan 4 tipe media tersebut dari awal, agar dapat berkomunikasi dengan benar kepada khalayak sasarannya.
Penulis : Heryanto
Editor : Zainul Effendi Joesoef (Prahum Ahli Muda)