Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM). Bimtek diselenggarakan di Pantai Panrita Lopi Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kukar pada hari Kamis, 15 Desember 2022).
Bimtek dengan tema “Optimalisasi KIM Dalam Citizen Journalism Sebagai Mitra Pemerintah dan Menangkap Peluang Wirausaha di Era Digitalisasi” dibuka Seketaris Kecamatan (Sekcam) Muara Badak Nur Aida. Hadir dalam event tersebut Kabid PKP Ahmad Rianto, Sub Koordinator Sumber Daya Komunikasi Publik Hermawan, Ketua KIM Kabupaten Kukar Ahmad yang populer dengan panggilan Daeng Lompo, KIM Panrita Lopi, KIM Megaku Sapa Desa Salo Palai Kecamatan Muara Badak, KIM Khatulistiwa Desa Santan Ulu, KIM Bukit Hijau Desa Sambera Kecamatan Marang Kayu.
Sekcam Kecaman Muara Badak Nur Haeda dalam sambutannya berharap Bimtek KIM yang dilaksanakan dapat bermanfaat untuk anggota KIM Kecamatan Marang Kayu dan Kecamatan Muara Badak. Nur Haeda berharap KIM berperan dalam diseminasi informasi mulai tingkat desa, Kecamatan, hingga Kabupaten.
"Dengan Bimtek ini Kita berharap adanya kolaborasi, sinergi antara pemerintah Desa, Kecamatan, hingga Kabupaten. Kami akan mendorong pembentukan KIM di masing-masing desa seperti di Desa Salo Palai,” ujarnya. Mengantisipasi perayaan hari Natal dan Tahun Baru 2023, Nur Haeda berharap pengelola Pantai Panrita Lopi untuk melakukan persiapan.
Kabid PKP Kominfo Kukar Ahmad Rianto menyampaikan bahwa KIM sebagai sarana informasi dan komunikasi masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam menyebarluaskan informasi di masa digital. “Pemanfaatan teknologi dengan maksimal dan bijak dapat mendorong anggota KIM untuk menciptakan inovasi seperti citizen journalism atau jurnalisme warga,” ujarnya.
Rianto menjelaskan bahwa KIM dapat menjadi penentu isu masyarakat. “Tugas KIM adalah mengupdate informasi untuk dapat menjadi isu berita yang dapat diterima dan diserap oleh masyarakat di seputaran lingkungan mereka sendiri”, tuturnya.
“Dengan demikian masyarakat akan selalu memperbarui informasi yang dianggapnya penting dan berkaitan kebutuhan dan mungkin yang dikeluhkan setiap hari,” tuturnya.
Ahmad Rianto berharap dengan media informasi yang dimiliki oleh KIM dapat terlaksana dengan baik sehingga pemberdayaan informasi di kalangan masyarakat berjalan sesuai dengan target dan harapan bersama.