Jalan Pahlawan No. 1 Timbau Tenggarong Telp. (0541) 661350 Fax. (0541) 664507 diskominfo@kukarkab.go.id
logo
BERANDA
  • SELAYANG PANDANG
    Sejarah Kukar Kependudukan Potensi Daerah Prestasi dan Penghargaan
  • MEDIA
    Video Dokumen Infografis E-Magazine
  • PEMERINTAHAN
    Tugas dan Fungsi Struktur Organisasi Visi Misi Kukar Strategi Daerah Program Strategis Bupati Kukar Sepanjang Masa Transparansi Keuangan
  • BERITA PPID

    Berita.

    Berita Bupati Kukar : “Kita Memerlukan Birokrasi Yang Cepat, Melayani, Dan Responsif Terhadap Perubahan Dan Perkembangan Jaman”
    Kembali
    13 Jun 2022

    Bupati Kukar : “Kita Memerlukan Birokrasi Yang Cepat, Melayani, Dan Responsif Terhadap Perubahan Dan Perkembangan Jaman”

    Diskominfo
    Bupati Kukar Edi Damansyah memimpin acara Ngapeh Hambat di Ruang Serba Guna Kantor Bupati di Tenggarong hari ini, Senin (13/6/22). Ngapeh hambat yang rutin digelar membahas isu krusial dan strategis kali ini dipandu Sekda Kukar Sunggono dengan narasumber Eko Prasojo Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tahun 2011-2014 dan Presiden Asian Group for Public Administration (AGPA) Periode 2019-2022. 

    Dalam event tersebut Bupati Edi Damansyah didampingi Sekretaris Daerah Sunggono, Asisten 2 Wiyono, dan Asisten 3 Totok Heru Subroto. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Staf Ahli  seluruh Kepala OPD, Para Camat, Tim Gugus Tugas Kukar Idaman, Pimpinan Cabang Bank Kaltimtara, para Dirut Perusda yang hadir secara offline. Sedangkan yang hadir secara online adalah Pejabat administrator / Pejabat Fungsional Ahli Madya, Pejabat Pengawas / Pejabat Fungsional Ahli Muda, Kepala UPT, PPKom, Bendahara dan Bendahara Pembantu, Pokja, dan Kades dan Lurah se Kukar.
     
    Dalam Ngapeh Hambat yang bertema "Birokrasi dan ASN Kunci Keberhasilan Kukar Idaman" Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan bahwa kinerja birokrasi di Kukar harus dijaga dan ditingkatkan kemampuannya. “Tanpa birokrasi yang berintegritas dan memiliki budaya melayani, program-program pembangunan strategis yang berdampak nyata bagi masyarakat akan sulit terwujud. Kita memerlukan birokrasi yang cepat, melayani, dan responsif terhadap perubahan-perubahan dan perkembangan jaman,” ujar Bupati Kukar. 

    Menurut Bupati Edi Damansyah pemerintahan yang cepat dan responsif terhadap keluhan publik merupakan salah satu fokus reformasi di semua organisasi perangkat daerah hingga di tingkat desa. Maka Pemerintahan harus berubah menjadi terbuka dan memiliki tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). “Keterbukaan informasi dalam setiap aspek penyelenggaraan negara inilah yang diyakini mampu mendorong partisipasi rakyat, sehingga pembangunan akan berjalan lebih baik dan efsien,” tegas Bupati Kukar. 

    Bupati Edi Damansyah menyampaikan bahwa tata kelola pemerintahan yang baik dimulai dari atas sampai bawah. Dipesankannya bahwa aparat Pemerintah Daerah harus memberi contoh melalui budaya melayani. Untuk itu Bupati Kukar mengharapkan seluruh Kepala OPD dapat menanggapi dengan cepat berbagai kebutuhan dan aduan masyarakat. “Sejatinya aparatur negara merupakan pelayan masyarakat. Untuk mewujudkannya, harus ada perubahan karakter, mindset, dan reformasi pola kerja yang efektif dan efsien,” tegas Bupati Kukar.

    “Kita harus memantapkan birokrasi yang bersih, efektif, efisien, dan melayani dan berfokus mengawal capaian visi dan misi Program Dedikasi Kukar Idaman. Saya minta perhatian seluruh Kepala OPD agar  visi-misi Kukar Idaman jangan hanya dibaca ditiap upacara saja, tapi harus dipahami dalam melakukan pelaksanaan dan evaluasi Program Kukar Idaman," ujar Bupati.

    "Dalam 2 tahun ini telah dilakukan evaluasi pelaksanaan Program Kukar Idaman. Tahun 2021 adalah tahun pertama pelaksanaaan RPJMD di Kukar sesuai Perda Nomor 6 Tahun 2021 dan saya menilai belum  sesuai harapan. Masih belum fokus pada sasaran dan target Program Dedikasi Kukar Idaman ataupun target urusan wajib,” jelas Bupati Kukar. 

    Bupati Edi Damansyah meminta standar pelayanan minimal perlu diperbaiki dan optimis bisa dilakukan dengan baik. Bupati Kukar meminta para ASN untuk mengubah cara kerja manual menjadi berbasis teknologi digital melalui program digitalisasi pelayanan publik. Bupati Edi Damansyah menyampaikan penghargaan kepada jajaran OPD yang telah mengimplementasikan teknologi digital.


    Bagikan ke Facebook Tweet Bagikan ke Google+ Bagikan ke Pinterest Bagikan ke Tumblr Kirim melalui Email
    Berita Kabupaten

    13 Sep 2025
    Lurah Melayu Aditiya Rakhman Bentuk dan Terbitkan SK Posbankum dan Posyantek
    13 Sep 2025
    Pemerintah Kelurahan Melayu Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas RT dalam Pemanfaatan Sistem Informasi Prodeskel
    12 Sep 2025
    Bupati Kukar Hadiri Proses Penilaian Adiwiyata di SMPN 2 Tenggarong
    12 Sep 2025
    Wagub Kaltim dan Bupati Kukar Panen Demplot Padi LEISA di Bukit Biru Tenggarong
    12 Sep 2025
    Diskominfo Kukar Kenalkan Pengelolaan Smart Pole dan Command Center kepada Siswa PKL
    11 Sep 2025
    Pemkab Kukar Peringati Maulid Nabi, Bupati Aulia Rahman Basri Tekankan Pentingnya Uswatun Hasanah
    11 Sep 2025
    Gubernur Kaltim Harum: ”APBD Alat Untuk Memenuhi Kebutuhan Nyata Masyarakat”
    11 Sep 2025
    Tim Penilai Penghargaan Adipura Kunjungi Kantor Diskominfo Kukar

    Terhubung

    Email:
    diskominfo@mail.kukarkab.go.id

    Alamat:
    Jalan Pahlawan No.1 Timbau Tenggarong


    Telp. (+62) 541 661350

    Fax. (+62) 541 664507


    Link Terkait

    Bapenda
    Bappeda
    Dinas Kearsipan dan
    Disdikbud
    Diskominfo
    DPMPTSP
    Sekretariat Daerah

    © 2021 Kabupaten Kutai Kartanegara All Rights Reserved - Developed by Diskominfo Kukar