Jalan Pahlawan No. 1 Timbau Tenggarong Telp. (0541) 661350 Fax. (0541) 664507 diskominfo@kukarkab.go.id
logo
BERANDA
  • SELAYANG PANDANG
    Sejarah Kukar Kependudukan Potensi Daerah Prestasi dan Penghargaan
  • MEDIA
    Video Dokumen Infografis E-Magazine
  • PEMERINTAHAN
    Tugas dan Fungsi Struktur Organisasi Visi Misi Kukar Strategi Daerah Program Strategis Bupati Kukar Sepanjang Masa Transparansi Keuangan
  • BERITA PPID

    Berita.

    Berita Bupati Kukar : “Perlu Tindaklanjut Komitmen Focal Point OPD Pelayanan Publik”
    Kembali
    19 Mei 2022

    Bupati Kukar : “Perlu Tindaklanjut Komitmen Focal Point OPD Pelayanan Publik”

    Diskominfo
    Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur hari Rabu kemarin (18/5/22) menggelar penandatanganan komitmen focal point (narahubung) OPD Pelayanan publik dan pengelola aduan pelayanan publik di Hotel Pacific Balikpapan.  

    Dalam sambutannya Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Timur Kusharyanto menekankan tentang pentingnya standard layanan untuk melindungi penyedia layanan dari ekspektasi publik untuk menentukan batasan kemampuan penyedia layanan kesepakatan bersama. 

    Untuk itu sistem informasi diperlukan karena standard layanan harus diketahui publik secara luas. Jika terjadi penyimpangan dari standard layanan publik, baik sengaja atau tidak, perlu ada kanal aduan masyarakat. Untuk menghindari terjadinya aduan pelayanan publik, maka institusi penyedia layanan publik  harus menjaga perilaku disiplin agar tidak terjadi maladministrasi. 

    Disampaikan bahwa Ombudsman lebih berfungsi pada pengawasan dan berfokus pada pencegahan maladministrasi. Diingatkannya bahwa Kemendagri saat ini melakukan rekapitulasi aduan dan penyelesaian aduan publik kepada pemda. 

    Bupati Kutai Kartanegara dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Timur yg telah melaksanakan tugas institusionalnya. Disampaikannya Ombudsman Ri Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur berperan besar dalam memberikan edukasi, bimbingan, dan arahan dalam pelaksanaan pelayanan dan penyelesaian aduan publik di Kabupaten Kutai Kartanegara.

    Bupati Edi Damansyah menyampaikan bahwa bimbingan, edukasi, dan arahan  Ombudsman kepada staf pengelola pelayanan dan aduan publik talah membuahkan hasil prestasi sebagai peraih penghargaan pelayanan publik terbaik nomor 5 untuk kategori pemerintah kabupaten dari Ombudsman RI. “Hal ini membanggakan kita semua, mengingat cakupan pelayanan terhadap luas wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Dari capaian tersebut saya minta menjadi atensi bagi OPD yg belum masuk dalam sampling survey Ombudsman RI. 

    Bupati Edi Damansyah menegaskan bahwa Pemkab Kukar berkomitmen dalam upaya pencegahan maladministrasi dalam pelayanan publik dan percepatan penanganan aduan publik. 

    Disampaikan Bupati bahwa Pemkab Kukar juga mendorong pelayanan publik yang lebih baik yang tertuang dalam RPJMD dalam program digitalisasi pelayanan publik. Hal ini didesign dalam skema yang terintegrasi dengan harapan harapan dapat terjadi lompatan kinerja yang lebih baik bagi institusi pelayanan publik.  

    “Saya berharap perlu diagendakan pertemuan di Tenggarong. Diharapkan kegiatan nanti berfokus untuk menindaklanjuti komitmen focal Point OPD pelayanan publik pada hari ini untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik,” ujar Bupati Kukar.


    Bagikan ke Facebook Tweet Bagikan ke Google+ Bagikan ke Pinterest Bagikan ke Tumblr Kirim melalui Email
    Berita Kabupaten

    13 Sep 2025
    Lurah Melayu Aditiya Rakhman Bentuk dan Terbitkan SK Posbankum dan Posyantek
    13 Sep 2025
    Pemerintah Kelurahan Melayu Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas RT dalam Pemanfaatan Sistem Informasi Prodeskel
    12 Sep 2025
    Bupati Kukar Hadiri Proses Penilaian Adiwiyata di SMPN 2 Tenggarong
    12 Sep 2025
    Wagub Kaltim dan Bupati Kukar Panen Demplot Padi LEISA di Bukit Biru Tenggarong
    12 Sep 2025
    Diskominfo Kukar Kenalkan Pengelolaan Smart Pole dan Command Center kepada Siswa PKL
    11 Sep 2025
    Pemkab Kukar Peringati Maulid Nabi, Bupati Aulia Rahman Basri Tekankan Pentingnya Uswatun Hasanah
    11 Sep 2025
    Gubernur Kaltim Harum: ”APBD Alat Untuk Memenuhi Kebutuhan Nyata Masyarakat”
    11 Sep 2025
    Tim Penilai Penghargaan Adipura Kunjungi Kantor Diskominfo Kukar

    Terhubung

    Email:
    diskominfo@mail.kukarkab.go.id

    Alamat:
    Jalan Pahlawan No.1 Timbau Tenggarong


    Telp. (+62) 541 661350

    Fax. (+62) 541 664507


    Link Terkait

    Bapenda
    Bappeda
    Dinas Kearsipan dan
    Disdikbud
    Diskominfo
    DPMPTSP
    Sekretariat Daerah

    © 2021 Kabupaten Kutai Kartanegara All Rights Reserved - Developed by Diskominfo Kukar