Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menggelar Peringatan Hari Ulang Tahun Mall Pelayanan Publik (MPP) yang ke-1 dan peluncuran aplikasi Pelayanan Online Dengan Sistem Elektronik Berbasis Jaringan (PELONGSENG) dan drive thru. Acara tersebut diselenggarakan di Lobby Gedung MPP DPMPTSP Kabupaten Kutai Kartanegara pada hari Kamis, 14 Desember 2023.
Event tersebut dihadiri Bupati Kukar Edi Damansyah, Kepala Bapenda Kaltim Ismiati, Forkopimda, Kepala OPD Kab.Kukar, Plt. Asisten III Dafip Haryanto, dan beberapa perusahaan yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara.
Bupati Kutai Kartanegara dalam sambutannya menyampaikan bahwa bahwa MPP Kukar sudah berjalan dengan baik. Pertemuan dengan bahasan MPP bukan seremonial saja, tetapi lebih mengarah ke evaluasi. “Saya ingin kajian MPP dari segi kelembagaan, pelaksanaan, serta tugas pokok fungsinya dalam memberikan pelayanan terpadu di Kukar,” harapnya.
Baca juga : - https://kukarkab.go.id/v2/berita/1539/Sekda-Kukar-Sunggono-Hadiri-Puncak-Peringatan-HUT-DWP-Kukar-ke-24
“Saya mengucapkan terima kasih dan mengajak seluruh jajaran institusi pelayanan pada Pemerintah di Kabupaten Kutai Kartanegara untuk melakukan evaluasi apakah sesuai dengan SOP dan standar pelayanan,” ujarnya.
Bupati menyampaikan pesan kepada jajaran DPMPTSP dan institusi yang memberikan pelayanan publik di MPP agar mengoptimalkan sosialisasi keberadaan MPP kepada masyarakat. “Saya minta Standard Operational Procedure dan Standard Pelayanan dapat konsisten laksanakan dengan baik. Kami menyadari pelayan ini dilaksanakan oleh birokrasi yang terus melakukan perubahan pola pikir dan kebudayaan,” pesannya.
Kepala Dinas DPMPTSP Kukar Alfian Noor dalam laporannya menyampaikan, “Hanya dengan modal gadget (telpon selular) dan signal yang memadai, masyarakat dapat berurusan dengan MPP melalui aplikasi, cukup dari rumah tanpa harus datang ke kantor MPP,” ujarnya.
“Dalam pelaksanaan pelayanan publik di MPP, resiko yang kami hadapi adalah pemeriksa dari Ombudsman. Ombudsman yang akan memeriksa apakah sudah benar dan sesuai pelayanan yang di jalankan MPP Kukar. Hari ini kita luncurkan Pelayanan Online Dengan Sistem Elektronik Berbasis Jaringan (PELONGSENG). Pada tahun 2024 akan kita luncurkan layanan drive thru yang saat ini sedang dilakukan perubahan design. Fasilitas ini akan terus kami tingkatkan untuk mempermudah layanan publik di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara,” jelasnya.
Acara tersebut ditutup dengan penyerahan kendaraan operasional oleh Bupati Kukar.
Penulis : Annisa Noni Fardiah (Tenaga Ahli Media)
Editor : Zainul Effendi Joesoef (Pranata Humas Ahli Muda)