Jalan Pahlawan No. 1 Timbau Tenggarong Telp. (0541) 661350 Fax. (0541) 664507 diskominfo@kukarkab.go.id
logo
BERANDA
  • SELAYANG PANDANG
    Sejarah Kukar Kependudukan Potensi Daerah Prestasi dan Penghargaan
  • MEDIA
    Video Dokumen Infografis E-Magazine
  • PEMERINTAHAN
    Tugas dan Fungsi Struktur Organisasi Visi Misi Kukar Strategi Daerah Program Strategis Bupati Kukar Sepanjang Masa Transparansi Keuangan
  • BERITA PPID

    Berita.

    Berita Akan Buka Layanan Call Center, Diskominfo Kukar Bahas Raperbup
    Kembali
    06 Okt 2023

    Akan Buka Layanan Call Center, Diskominfo Kukar Bahas Raperbup

    Diskominfo
    Tahun 2024 Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara akan membuka layanan darurat Call Center 112. Untuk mewujudkan hal tersebut membahas draft Raperbub Call Center 112. Rapat tersebut dibuka oleh Kadis Kominfo Kukar Dafip Haryanto dan dipimpin oleh Kepala Bidang Pengelolaan Layanan Informasi Publik (PLIP) Surya Admaja. 

    Rapat yang digelar pada hari Jumat, 6 Oktober 2023 tersebut dihadiri pihak Polres Kukar, perwakilan dari OPD/Dinas/Badan yang menangani kebencanaan seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umum, BPBD, Dinas PMK, RSUD A.M Parikesit Tenggarong Seberang, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sekretaris, para Kabid, pejabat struktural dan Jabatan Fungsional Diskominfo Kukar. 

    Baca juga : - https://kukarkab.go.id/v2/berita/1402/Diskominfo-Kukar-Gelar-Rakor-KIM-dan-Website-Desa

    Dalam rapat tersebut membahas pasal demi pasal draft Raperbup Call Center 112. Para peserta rapat mengkritisi dan menyampaikan usulan perubahan dan penambahan dari pasal-pasal yang disampaikan. Rapat berakhir pada sore hari dengan kesepakatan seluruh pasal yang diajukan. Dari rapat tersebut juga disepakati penambahan pada bab Ketentuan Umum dan Landasan Hukum yang mengatur kedaruratan. 

    Baca juga : - https://kukarkab.go.id/v2/berita/1401/Habib-Syech-Bakal-Isi-Kukar-Bersholawat-Jilid-2-Ditarget-Sedot-6-Ribu-Jemaah,-Rendi-Solihin:-Insya-Allah-Berjalan-Lancar

    Call Center 112 merupakan layanan nomor panggilan darurat yang dapat digunakan saat terjadi keadaan darurat.  Dengan menghubungi nomor 112 akan terhubung dengan Pusat Panggilan Darurat (Call Center 112) yang dibangun oleh Pemerintah Daerah. Layanan Panggilan Darurat 112 bertujuan untuk mempermudah masyarakat mengingat nomor dari berbagai nomor layanan darurat yang berbeda-beda, mempercepat penanggulangan keadaan darurat, serta mempermudah koordinasi antar instansi terkait.

    Nomor 112 yang mengintegrasikan seluruh nomor darurat untuk mendapatkan pertolongan semua jenis kejadian darurat di daerah. Panggilan masyarakat ke nomor 112 tidak dipungut biaya atau gratis dan masih dapat dipanggil ketika ponsel terkunci.

    Regulasi dalam pelaksanaan Call Center 112 yang melibatkan Pemerintah Pusat (Kemkominfo), Pemerintah Daerah, dan operator telekomunikasi tertuang dalam Permenkominfo 10/2016 Tentang Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat, dan Keputusan Dirjen PPI 112/2019 Tentang Pedoman Teknis Penyediaan Layanan Nomor Panggilan Panggilan Darurat 112.

    Penulis / Editor : Zainul Effendi Joesoef (Pranata Humas Ahli Muda)


    Bagikan ke Facebook Tweet Bagikan ke Google+ Bagikan ke Pinterest Bagikan ke Tumblr Kirim melalui Email
    Berita Kabupaten

    29 Sep 2025
    Optimalkan Implementasi Aplikasi Srikandi, Diskominfo Kukar Laksanakan Pendampingan Admin SRIKANDI Perangkat Desa Segihan
    29 Sep 2025
    Bupati Aulia Rahman Basri dalam Rapat Paripurna DPRD Kukar: “Tenggarong Barometer Pembangunan di Kutai Kartanegara”
    29 Sep 2025
    Wakil Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid: “Menjaga Kearifan Lokal adalah Menjaga Marwah Peradaban Nusantara”
    29 Sep 2025
    Pangeran Noto Negoro Muhammad Heriansyah: "Erau adalah Warisan Adat Lawas yang Harus Dilestarikan"
    29 Sep 2025
    Erau Adat Kutai 2025 berlangsung Khidmat dan Meriah, Belimbur Tandai Erau Berakhir
    26 Sep 2025
    Titah Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI Tentang Tata Krama Ritual Belimbur
    25 Sep 2025
    Puskesmas Loa Ipuh Gencarkan Edukasi Pencegahan dan Penanganan Hipertensi di Posyandu
    25 Sep 2025
    Call Center 112 dan Keamanan Data Pribadi Dibahas dalam Rapat Rancangan Perbup RAD SPM Kukar 2025-2030

    Terhubung

    Email:
    diskominfo@mail.kukarkab.go.id

    Alamat:
    Jalan Pahlawan No.1 Timbau Tenggarong


    Telp. (+62) 541 661350

    Fax. (+62) 541 664507


    Link Terkait

    Bapenda
    Bappeda
    Dinas Kearsipan dan
    Disdikbud
    Diskominfo
    DPMPTSP
    Sekretariat Daerah

    © 2021 Kabupaten Kutai Kartanegara All Rights Reserved - Developed by Diskominfo Kukar