Staf Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Kantor Kecamatan Muara Wis, dan Komunitas Informasi Masyarakat ( KIM) Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti Pelatihan Kemitraan Komunikasi Pemerintah. Pelatihan menghadirkan narasumber dari Yogya Executive Schol (YES) Yogyakarta dan berlangsung mulai tanggal 28 hingga 31 Juli 2023.
Sub Koordinator Sumber Daya Komunikasi Publik Hermawan menyampaikan tujuan pelatihan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada ASN Kominfo, Kecamatan, dan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) untuk mendukung terwujudnya masyarakat informasi. “Selain itu untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan SDM informasi dan komunikasi publik dan penggiat KIM Kukar dalam pengelolaan informasi. KIM merupakan mitra pemerintah dan bagian dari jaringan sistem informasi nasional dalam diseminasi informasi,” ujarnya.
Kepala lembaga YES Wahyu Setiaji dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Diskominfo Kukar atas kepercayaan kepada YES untuk melalakukan pelatihan kemitraan kehumasan. “Semoga a ke depan jalinan kemitraan dapat ditingkatkan dalam kuantitas dan kualitasnya. Semoga ilmu yang didapat bermanfaat dalam melaksanakan pekerjaan,” harapnya.
Baca juga : - http://kukarkab.go.id/v2/berita/1276/Staf-Diskominfo-Kukar-Ikuti-Pelatihan-Pengelolaan-Jaringan-Intra-Pemerintah
Narasumber Yogya Executive Schol Tri Oerip Waloejo Poetro menyampaikan materi tentang Capacity Building. Dijelaskannya tentang pentingnya capacity building untuk mencapai tujuan organisasi dan meningkatkan kinerja yang lebih baik. Dijelaskannya bahwa selama ini aparatur pemerintah beranggapan telah berkinerja baik dengan berdasarkan pada kemampuan serapan anggaran, banyaknya kegiatan, dan banyaknya produk. “Hal itu belum tentu sesuai dengan tujuan organisasi dan yang terpenting adalah nilai manfaat, apakah dapat dirasakan oleh masyarakat,” tuturnya.
Dijabarkannya bahwa dalam suatu organisasi terdapat 3 pilar penting, yakni sumber daya manusia (SDM), penataan organisasi yang baik, dan proses bisnis. “SDM merupakan salah satu pilar yang sangat diperlukan dalam suatu organisasi, bukan hanya dari segi kuantitas yang cukup, melainkan juga dengan kualitas SDM-nya. Kualitas SDM dapat dibagi menjadi skill dan atitude,” jabarnya.
Penulis : Heryanto (Pengolah Data)
Editor : Zainul Effendi Joesoef (Pranata Humas Ahli Muda)
